-->

Tuesday, January 8, 2019

Menciptakan Suasana Surga Di Dalam Rumah Dengan Menghadirkan Nuansa Religi Dalam Keluarga.


Sahabat, istilah rumahku surgaku mungkin terdengar klise dan mudah untuk diucapkan. Namun menciptakan rumah yang tenang, tentram, penuh kasih sayang dan bernuansa religi merupakan hal yang mulai berkurang di masa sekarang ini. Kebanyakan masing-masing orang sibuk dengan urusan dirinya. Orang tua sibuk  bekerja, anaknya sendiri di rumah, atau bahkan bila suntuk mencari kesenangan di luar bersama teman-temannya. Waktu berkumpul bersama menjadi hal yang jarang untuk dilakukan. Bila sudah demikian, apalah arti sebuah keluarga bila tidak bersama-sama. Allah adalah Maha Pemersatu, walau sesibuk apapun orang tua, seasik apapun seorang anak bermain, tetaplah meluangkan waktu untuk solat berjamaah di satu waktu.

Berilah Perhatian Dan Berdoa Bersama Dalam Keluarga Pada Momen Spesial.
Pupuklah kedekatan dengan keluarga dengan saling memberikan perhatian dan hadiah pada saat momen spesial, contohnya momen ramadhan. Tidak perlu mahal, karena bingkisan sederhana bila diberikan dengan tulus akan terasa sangat berarti. Begitu pula dengan hidangannya, yang sederhana saja, namun ditekankan pada nilai kebersamaan dan berdoa bersama.

Sesekali Mengadakan Kegiatan Bertema Religi Bersama Keluarga Agar Semakin Terjalin Kedekatan Antar Anggota Keluarga.
Sesekali luangkanlah waktu libur untuk melakukan kegiatan religi bersama. Contohnya mengunjungi tempat wisata yang bertema religi, mengunjungi pengajian bersama, atau mengikuti kegiatan amal bersama-sama. Selain dapat mendekatkan diri dengan keluarga, kegiatan ini juga dapat mempertebal wawasan religi semua anggota keluarga sehingga akan tumbuh rasa saling menghargai, intropeksi dan saling menyayangi.

Keluarga Adalah Orang Terdekat Yang Sebaiknya Saling Menguatkan Dalam Segala Keadaan, Maka Jagalah Komunikasi Dan Saling Memberi Motivasi.
Sahabat, biasakanlah untuk selalu menanyakan kabar dan keadaan setiap anggota keluarga. Sapalah bila ada sesuatu yang berubah, berilah semangat bila menghadapi kendala, dan ikutlah mencari solusi bila ada yang mempunyai masalah. Sikap saling menguatkan dan peduli ini, akan mempertebal rasa kasih dalam sebuah keluarga.

Dahulukan  Rasa Kasih Sayang  Dari Pada Rasa Saling Menyalahkan Dengan Menggunakan Ketetapan Allah Dalam Menyelesaikan Perbedaan Pendapat.
Bila dalam sebuah keluarga mengalami perbedaan pendapat, biasanya yang muncul adalah rasa amarah dan menganggap pendapatnyalah yang paling benar. Saat perselisihan terjadi, hendaknya mendahulukan rasa sayang dan mencari solusi dari pada menyalahkan. Dalam menyikapi perbedaan pendapat, sebaiknya mengacu pada Al-Quran, Al-Hadis, dan minta pendapat kepada ulama.